Pantai Nemberala, Surga Surfing Di Pantai Paling Selatan Nusantara

0
1204

Pantai Nembrela sering disebut-sebut sebagai Pantai Kuta dari Pulau Rote. Pantai ini memang memiliki pantai yang sangat indah. Dengan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan biru air laut. Ombak yang cukup menantang, membuat para penggemar olahraga selancar ingin menaklukkan Ombak pantai ini.

Pemandangan di pantai ini begitu indah dan menenangkan, sehingga pengunjung dapat merasa nyaman, tenang dan damai. Mereka yang tidak berselancar, dapat menikmati berbagai kegiatan lain seperti memancing dan berenang.

Pada bulan Agustus hingga Oktober, ombak di Pantai Nemberala dapat mencapai tujuh meter. Karena itu, setiap tahunnya, pada bulan September sampai Oktober, di Pantai ini diadakan kejuaraan selancar tingkat dunia.

Karen akeindahan pantai ini, pada tahun 2016, Pantai Nemberala dinobatkan sebagai pemenang pada Anugerah Pesona Indonesia 2016 dalam kategori Tempat Berselancar Terpopuler 2016.

Di samping berbagai aktivitas air, para pengunjung juga dapat mempelajari cara hidup tradisional dan budaya penduduk setempat yang unik dan menarik. Beberapa kegiatan lain, misalnya berkunjung ke kampung tenun, rumah Raja Rote, hingga melihat budi daya rumput laut.

Lokasi Pantai Nemberala

Pantai Nemberala tepatnya berlokasi di desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Australia.

Pantai Nemberala merupakan salah satu pulau di pulau Rote. Sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 1.214 kilometer persegi.

Rute Menuju Pantai Nemberala

Perjalanan ke Pantai Nemberala ini dapat ditempuh sekitar 25 menit, dengan menggunakan pesawat terbang. Penerbangan berangkat  dari bandara El Tari di Kupang ke bandara David Constantine Saudale di Pulau Rote. Hanya ada dua penerbangan setiap harinya, yaitu pukul 06.30 dan 15.00.

Pilihan lainnya adalah menggunakan kapal feri cepat yang berangkat dari pelabuhan Tenau di Kupang. Menuju pelabuhan Ba’a di Kabupaten Rote Ndao. Pelayaran ini memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam 40 menit sampai dua jam.

Atau pilihan lain dengan menggunakan feri lambat yang berangkat dari pelabuhan Dolok di Kupang, dengan lama perjalanan sekitar tiga sampai empat jam. Dilanjutkan dengan perjalanan darat selama kurang lebih satu jam 20 menit menuju Pantai Nemberala.

Jam Buka Pantai Nemberala

Unutk bsia menikmati keindahan Pantai Nemberala, pengunjung tidak dibatasi oleh waktu. Pantai ini buka 24 jam sehari, 7 hari sepekan.

Tiket Pantai Nemberala

Mengenai biaya tiket masuk, Pantai ini tidak mengenakan tiket masuk pada pengunjung. Pengunjung hanya perlu menyiapkan dana untuk tiket biaya perjalanan saja.

Harga tiket kendaraan untuk mengakses Pantai ini sangat beragam. Tiket kapal express dibanderol dengan harga Rp. 160.000 untuk kelas ekonomi dan Rp. 190.000 untuk kelas bisnis. Jika ingin transportasi yang lebih murah, bisa menggunakan kapal ferry dengan biaya Rp. 54.000.

Kendaraan lain yang bisa digunakan adalah travel, bus atau ojek.Harga tiket bus dan travel berkisar Rp. 50.000. Sedangkan sewa motor atau ojek dibanderol seharga Rp. 50.000 per hari.

Fasilitas Pantai Nemberala

Meski terbilang belum banyak didengar, akses dan fasilitas di pantai ini terbilang lengkap. Pengunjung tidak perlu khawatir akan kekurangan air, perlengkapan atau bahkan jaringan internet. Pantai ini sangat cocok bagi pengunjung yang menginginkan liburan dengan fasilitas memadai dan pemandangan alama yang menakjubkan.

Pilihan menginap di daerah ini adalah rumah-rumah warga, atau menyewa kamar-kamar hotel sederhana yang kebanyakan dikelola oleh orang asing.

Daya Tarik Pantai Nemberala

1. Pantai Yang Indah

Hadir di tengah-tengah Bumi Ti’i Langga, Pantai Nemberala menawarkan panorama bahari yang sungguh menakjubkkan. Hamparan pasir putih membentang luas, menyatu dengan arsiran biru tosca air laut Samudera Hindia.

Jika sore hari tiba, warna langit berubah jingga yang mempesona. Tanda matahari akan segera tenggelam di barat menciptakan momen romantis yang bisa dinikmati dari bibir pantai.

Keindahan dari Pantai Nemberela pun sampai ke telinga para wisatawan mancanegara. Cuaca tropis yang hangat berpadu dengan angin laut yang sangat sejuk, menemani tiap turis yang bertandang ke sini.

Pemandangan di pantai ini begitu indah dan menenangkan, sehingga pengunjung dapat merasa nyaman, tenang dan damai. Mereka yang tidak berselancar, dapat menikmati berbagai kegiatan lain seperti memancing dan berenang.

2. Surga Surfing

Namun, bukan hanya soal keindahannya yang menarik banyak minat dari Pantai Nemberala. Adalah deburan ombak menantang yang jadi alasan utama para turis bertandang ke Pantai Nemberala.

Jika air laut tengah pasang, ombak setinggi 7-10 meter bisa dijumpai di Pantai Nemberala. Nggak heran, ragam kompetisi selancar bertaraf internasional kerap diadakan secara rutin oleh pemerintah daerah.

Banyak peselancar yang datang ke pantai ini untuk menantang ombak dari Pantai Nemberala. Ombak di pantai ini berskala internasional sehingga tidaklah heran banyak wisatawan mancaenegara datang berkunjung ke pantai ini.

Bagi para pemburu ombak dari seluruh penjuru dunia yang datang ke Indonesia, Pantai Nemberala telah menjadi salah satu magnet yang mampu menarik mereka untuk menantang salah satu ombak terbaik di Indonesia.

3. Memancing

Memancing adalah salah satu kegiatan yang paling populer karena lautan di sekitar pantai memiliki banyak spesies ikan. Spesies ikan yang paling umum ditemukan di laut termasuk Tuna Gigi Anjing, Makarel Spanyol, Tuna sirip kuning, Trevalli, Wahoo, Sailfish, Ikan Kakap Putih (Sea Perch), Kerapu dan Marlin.

Berbagai spesies ikan terdapat di sini, seperti tuna, makarel, kerapu, marlin, tuna sirip kuning dan sebagainya. Sementara kehidupan bawah laut berupa karang-karang hidup dan penghuninya, siap untuk dinikmati lewat aktivitas selam permukaan atau snorkeling.

4. Island Hoping

Indonesia dianugerahi ribuan pulau eksotis yang rasanya sayang sekali jika tidak dijelajahi. Beberapa di antaranya membentuk kepulauan yang letaknya saling berdekatan. Island Hopping, atau mengunjungi beberapa pulau dalam sehari dapat dilakukan di Pantai Nemberala.

Menyewa perahu-perahu nelayan untuk mengunjungi pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitar pantai, seperti pulau Donna, Do’o dan N’Doa, merupakan kegiatan menarik lainnya.

Agar liburan island hopping makin seru, ada beberapa barang yang perlu pengunjung Sipakan, agar kegiatans eru itu tetap terjaga lenyamanannya. Mulai dari handuk kecil. Tas Anti air, Kacamata Hitam, Topi, hingga Baju Ganti.

Tips Mengunjungi Pantai Nemberala

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai Nemberala adalah mulai bulan April sampai pertengahan bulan Oktober.

Sebleum datang berkunjung, calon wisatawan sebaiknya melakukan pemesanan penginapan dan penyewaan mobil sebelum datang, untuk memudahkan aktivitas selama berada di sana.

Objek Wisata Dekat Pantai Nemberala

Wisata menawan di Pulau Rote tidak hanya pantai Nemberala saja. Ada banyak lagi lokasi menawan lain di paling selatan Indonesia ini. Salah satunya pantai Pantai Oeseli. Pantai ini sebenarnya lebih mirip laguna karena tidak bermuara ke laut. Karena itu Pantai Oeseli juga terkenal sebagai Danau Laut Mati.

Disebut demikian bukan karena kadar garamnya tinggi seperti Laut Mati di Yordania, tetapi karena danau ini dikelilingi tebing, sehingga embusan angin sulit masuk. Maka dari itu, permukaan airnya sangat tenang seperti tidak bergerak.

Bagi pengunjung yang Ingin menyaksikan pemandangan Pulau Rote dari ketinggian, Tangga 300 Mando’o adalah lokasi yang ideal. Seperti namanya, untuk menuju ke puncak bukit ini, pengunjung harus melewati sekitar 300 anak tangga.

Namun, panorama yang bakal kamu dapatkan dari atas sana bakal sebanding dengan perjuangan.Selain hamparan hutan, pengunjungjuga bisa menyaksikan tebing karang dan lautan luas 360 derajat dari sini.

Nah, itulah beberapa aspek dari pantai Nemberala di Pulau Rote. Ada tertarik untuk tahu lebih jauh? Segera jadwalkan kunjungan ke pulau paling Selatan Nusantara ini.

Selamat Berlibur!!

sumber : https://www.nativeindonesia.com/pantai-nemberala/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini