Pesona Indah Danau Weekuri, Sumba

0
81

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keanekaragaman alam yang indah. Hal inilah yang membuat para wisatawan asing tertarik dengan Indonesia. Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah dan mempesona. Salah satu daerah yang ada di Indonesia yaitu NTT juga menyimpan banyak keindahan, salah satu keindahan tersebut adalah sebuah danau yang berada di wilayah Sumba Timur yaitu Danau Weekuri.

Danau Weekuri sering disebut surga tersembunyi di Sumba Timur, yang menyebabkan Danau Weekuri mendapat sebutan tersebut adalah karena danau ini begitu cantik dan mempesona serta berada di wilayah yang tersembunyi. Danau Weekuri memiliki daya tarik yang membuat siapapun penasaran untuk berkunjung ke danau ini, keunikan tersebut adalah warna air yang berbeda-beda di setiap area.

Mari kita membahas lebih lanjut beberapa hal menarik tentang Danau Weekuri.

Lebih Dekat Dengan Danau Weekuri

Danau Weekuri memiliki bentuk lonjong dan panjang danau sekitar 150 meter ke arah daratan, lebar terjauh dari danau ini kurang lebih 50 meter, kedalaman danau di bagian kiri kurang lebih 3 meter dan di bagian kanan 5 meter. Namun ketika air danau surut, dasar danau terendah sekitar 30 cm dan yang terlihat hanya pasir putih mengkilap.

Kata Weekuri berasal dari bahasa Sumba. Wee memiliki arti air sedangkan kuri adalah parutan atau percikan. Weekuri merupakan air hasil parutan karang yang menerobos ke daratan kemudian membentuk sebuah danau.

Di Danau Weekuri terdapat banyak pohon, pohon tersebut membuat suasana di sekitar danau menjadi sangat sejuk. Pada bibir danau juga terdapat bangunan rumah kecil yang dibuat dari kayu bulat. Tempat ini disiapkan oleh pedagang untuk berjualan kain tenun, souvenir dan akar bahar khas Sumba.

Batu-batu gua yang berada di bibir danau membentuk stalaktit dan stalagmit yang nampak sangat indah. Pengunjung Danau Weekuri sering berteduh dan bersantai di gua tersebut.

Akses dan Lokasi Danau Weekuri

Akses untuk menuju Danau Weekuri bisa dilalui dari daerah Waikabubak yang merupakan Kabupaten Sumba Barat atau melalui Tambolaka yang merupakan ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya.

Untuk menempuh perjalanan ke Danau Weekuri pengunjung bisa menyewa kendaraan roda 2 / roda 4 di Tambolaka atau Waikabubak. Biaya sewa yang dikenakan untuk para pengunjung sebesar Rp. 100.000 – 150.000 / orang.

Jarak Danau Weekuri dari Tambolaka kurang lebih sejauh 60 kilometer. Akses jalan untuk menuju ke lokasi Danau Weekuri bisa dibilang cukup sulit karena belum terdapat transportasi umum dan lokasi danau jauh dari perkotaan. Tidak ditemukan petunjuk apapun untuk menuju ke danau, sehingga pengunjung diharuskan untuk sering-sering bertanya pada penduduk setempat untuk mengetahui keberadaan lokasi Danau Weekuri.

Lokasi Danau Weekuri tepatnya berada di Desa Kalenarogo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Jam Buka Danau Weekuri

Kamu tidak akan bisa berkunjung ke danau ini pada malam hari karena jam kunjung terakhir Danau Weekuri adalah pukul 17.00 dan danau di buka pada pukul 08.00. Menarik, karena kamu tidak akan dikenakan biaya apapun untuk dapat masuk ke lokasi wisata, kamu hanya perlu memberikan sumbangan seikhlasnya pada pihak yang menjaga lokasi Danau Weekuri.

Tips Untuk Mengunjungi Danau Weekuri

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Weekuri adalah pada pagi hari atau sore hari. Karena jika kamu berkunjung ke danau ini pada siang hari, maka panas terik sinar matahari akan membuat kamu kepanasan dan suasana menjadi tidak nyaman.

Kamu juga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau motor untuk menuju ke Danau Weekuri karena tidak terdapat transportasi umum untuk menuju ke lokasi wisata, ini karena lokasi danau jauh dari perkotaan.

Ketika kamu sudah berada di lokasi Danau Weekuri sebaiknya kamu ikut melestarikan tempat wisata ini dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Dengan melakukan hal ini, maka kamu sudah berkontribusi untuk melestarikan Danau Weekuri.

Danau Weekuri merupakan danau yang terbilang unik karena danau ini berada di dekat pantai dan air dari danau ini memiliki rasa asin, hal ini karena air danau bercampur dengan air yang berasal dari pantai. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke danau ini?

sumber : https://wisato.id/wisata-alam/pesona-indah-danau-weekuri-sumba/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini