Bukit Tuamese, Panorama Ala Raja Ampat di Utara Pulau Timor

0
90

Bukit Tuamese berada dekat dengan ujung perbatasan Indonesia, yaitu Atambua. Bukit ini indah mirip Raja Ampat di Papua. Memiliki gugusan perbukitan yang menawan, pantai putih lembut, dan air jernih biru.

Keindahan Bukit Tuamese semakin terlihat eksotis dengan deretan pepohonan yang cantik dan Instagramable untuk berswafoto.

Beberapa orang menyebutkan bahwa pemandangan dari atas Bukit Tuamese mirip dengan Raja Ampat. Perpaduan antara gugusan perbukitan cantik dan air yang bersih serta deretan pohon yang instagenik membuat keduanya memiliki lanskap serupa.

Berada di sini, pengunjung dapat berfoto-foto di beberapa tambak yang mirip dengan danau. Traveler juga dapat berburu foto kece pemandangan biru laut yang dipadu dengan hijaunya vegetasi di pesisi pantai.

Bukit Tuamese merupakan salah satu objek wisata potensial yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Oleh sebab itu, tempatnya masih sangat asri dan alami. Hamparan tambak luas yang berwarna biru dan terlihat seperti danau, pantai dan laut, dan beberapa gugusan perbukitan menjadi daya tarik utama dari objek wisata NTT ini.

Preweding. Image via: satutenda.com

Lokasi Bukit Tuamese

Bukit tersebut berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Berdasarkan lokasi, Tuamese dekat dengan Kabupaten Belu. Hanya dibutuhkan sekitar satu jam perjalanan dari Kota Atambua, ibukota Kabupaten Belu. Jarak Tuamese juga relatif dekat dari Distrik Oekusi di Timor Leste.

Rute Menuju Bukit Tuamese

Lokasi Tuamese sendiri dekat dengan Kota Atambua yang merupakan pusat kota dari Kabupaten Belu. Hanya dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Atambua. Jarak Tuamese juga relatif dekat dari negara tetangga Timor Leste.

Untuk menuju lokasi Tuamese, pengunjung bisa menyewa kendaraan roda empat dengan pengemudi asal Atambua, opsi itu menjadi pilihan yang tepat. Sebab dibutuhkan pengemudi berpengalaman dan paham medan agar waktu tak terbuang sia-sia lantaran salah jalan. Terlebih lokasi tersebut juga belum dikenali oleh aplikasi Google Maps.

Bersama Kawan. Image via: ekorantt.com

Jalur yang dilalui juga terbilang mulus meski masih ditemui beberapa jalan bebatuan. Pengunjung juga akan melewati bendungan Rotiklot yang baru rampung pengerjaannya. Sesampainya di daerah Ponu SP 1, desa terakhir sebelum sampai tujuan, lalu belok ke kanan menuju Bukit Tuamese.

Ada baiknya bertanya dan menyapa warga setempat dimana letak Bukit Tuamese. Jangan kaget dengan jawabannya sebab warga setempat banyak yang menamainya Raja Ampat.

Sepanjang perjalanan dari Atambua, pengunjung harus berhati-hati dan waspada karena masih banyak hewan peliharaan warga seperti babi, anjing, dan sapi yang bebas berkeliaran melintasi jalanan.

Jam Buka Bukit Tuamese

Waktu terbaik untuk ke Tuamese bisa dilakukan kapan saja sepanjang hari. Terlebih saat matahari terbenam. Sebelum mendaki, wisatawan biasanya dipandu dengan pemandu-pemandu cilik atau warga setempat.

Mereka tidak meminta uang melainkan hanya menemani hingga ke atas. Karena jauh sebelum tempat itu dikenal banyak orang, di sanalah arena bermain anak-anak pedesaan itu.

Anak-Anak Tuamese. Image via: tripadvisor.co.id

Tiket Bukit Tuamese

Untuk memasuki bukit ini pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya. Soalnya emang lokasinya yang ada di alam terbuka, jadi pengunjung yang ingin berkunjung ke bukit indah ini juga tinggal datang saja.

Daya Tarik Bukit Tuamese

1. Pendakian Ringan

Pendakian ringan. Image via: mytrip.co.id

Hanya cukup mendaki 200 meter ke atas bukit, pengunjung bisa mencapai Bukit Tuamese. Namun saat mendaki harus berhati-hati karena jalur tracking yang curam dan berpasir. Di lokasi itu belum tersedia infrastruktur tangga seperti misalnya di Pulau Padar.

Di puncak bukit itu siapapun bisa melihat hamparan tambak yang berubah layaknya danau. Di sisi sebelah Barat, birunya laut membentang sejauh mata memandang, dipadu dengan hijaunya vegetasi dari pohon lontar di pesisir pantai.

Keindahan bukit yang dalam beberapa waktu terakhir populer di media sosial ini, makin naik pamornya saat dijadikan lokasi film garapan sutradara dan aktor Ari Sihasale. Bintang muda Pevita Pearce menjadi pemain utama, ibarat influencer yang makin menjadikan Bukit Tuamese membuat siapapun penasaran.

2. Panorama Menawan

Spot Utama. Image via: mytrip.co.id

Sepintas, Tuamese sangat mirip dengan Pulau Padar. Namun, tidak sedikit yang menyamakannya dengan Raja Ampat di Papua. Guide-guide cilik disekitar lokasi juga menyebutnya dengan Papua.

Karena belum banyak diketahui traveler, pengunjung Tuamese belum begitu ramai. Namun, lokasi ini kerap menjadi pilihan untuk melakukan foto prewedding. Maklum dari puncak Bukit Tuamese pengunjung bisa mendapatkan banyak view sekaligus.

Ada hamparan tambak yang berubah layaknya danau. Di bagian lain, kita bisa berfoto dengan spot bukit batu yang super keren. Spot lain adalah view laut yang dipadu dengan hijaunya pesisir pantai.

Tuamese adalah alternatif baru untuk mengisi waktu libur di NTT. Khususnya bagi mereka yang berkunjung ke daerah Atambua, Kefamenanu dan sekitarnya.

3. Pohon-Pohon Kering Instaramable

Pohon kering Instagramable. Image via: pesona.travel

Lokasi Bukit Tuamese sangat luar biasa. Sebelum sampai lokasi, pengunjung akan melewati pantai yang bersih, lengkap dengan deretan pohon kering namun instagramable.

Karena belum banyak diketahui wisatawan, pengunjung Tuamese belum begitu ramai. Padahal, lokasi ini kerap menjadi pilihan untuk melakukan foto pre-wedding. Maklum, dari puncak Bukit Tuamese, pengunjung bisa mendapatkan banyak view sekaligus.

Ada hamparan tambak yang berubah layaknya danau. Di bagian lain, pengunjung  bisa berfoto dengan spot bukit batu yang super keren. Spot lain adalah view laut yang dipadu dengan hijaunya vegetasi di pesisir pantai.

Bukit ini memang indah, mirip Raja Ampat di Papua. Memiliki gugusan perbukitan yang menawan, pantai berpasir putih lembut, dan air jernih biru. Keindahan Bukit Tuamese semakin terlihat eksotis dengan deretan pepohonan yang cantik dan instagramable untuk berswafoto.

4. Populer Melalui Medsos

Instagramable. Image via: @neng_ny

Emang bukit ini masih belum terlalu hits di kalangan traveler, kalo dibandingkan dengan Wayag dan Padar. Tapi ternyata cukup banyak lho orang-orang yang menjadikan bukit ini sebagai spot foto pre-wedding bahkan lokasi ini juga pernah digunakan untuk syuting film lho.

Keindahan bukit yang dalam beberapa waktu terakhir populer di media sosial ini, makin naik pamornya saat dijadikan lokasi film garapan sutradara dan aktor Ari Sihasale. Bintang muda Pevita Pearce menjadi pemain utama, ibarat influencer yang makin menjadikan Bukit Tuamese membuat siapa pun penasaran.

Tips Mengunjungi Bukit Tuamese

Ada beberapa tips kecil yang sebaiknya diperhatikan saat akan mengunjungi Bukit Tuamese.

  • Pengunjung yang dari luar kota, bisa naik pesawat menuju Atambua. Atau kalo mau lebih hemat, bisa naik pesawat ke Kupang dan lanjut dengan perjalanan darat menuju Atambua.
  • Untuk mendaki bukit, jangan lupa pake alas kaki yang nyaman.
  • Pake sunblock dan pelindung kepala.
  • Bawa bekal, seperti makanan ringan dan minuman.
  • Bawa kamera yang bagus buat foto-foto.
  • Jangan datang sendirian, ajak temen-temen kalian.
Bangku Alam. Image via: mytapaleuk

Objek Wisata Dekat Bukit Tuamese

Selain dataran tinggi tepi pantai yang indah, kabupaten timor tengah Utara juga memiliki pantai yang tidak kalah indah. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Bastian. Pantai dengan hamparan pasir putih mencapai sekitar seratus meter, dengan air laut sebening kristal.

Ada juga permandian Oeluan. Wisata alam di Timor Tengah Utara ini merupakan sebuah pemandian umum berasal dari sumber mata air alami. Terletak di jalan trans Kupang-Atambua, menjadikan Oeluan mudah dijangkau bahkan dengan kendaraan umum seperti ojek. Berjarak kurang lebih 30 menit dari pusat kabupaten Timor Tengah Utara.

Demikianlah ulasan kami tentang keindahan yang disajikan oleh Wisata Alam Pantai Tanjung Bastian, Kabupaten Timur Tegah Utara, NTT. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, teman untuk menikmati wisata yang satu ini.

Rame-rame lebih seru.

sumber : https://www.nativeindonesia.com/bukit-tuamese/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini