Berkelana ke Labuan Bajo, Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia

0
88

Siapa sih yang nggak tahu Labuan Bajo? Surga wisata dengan jutaan pesona alam di dalamnya sudah cukup lama dikenal sebagai destinasi kelas dunia yang menawan.

Nggak cuma pantai yang cantik dan deretan pulau tropis memesona, Labuan Bajo juga siap membuat kamu terpanah dengan danau yang cantik hingga air terjun yang sejuk. Nggak heran, kalau Labuan Bajo dinobatkan sebagai destinasi wisata super prioritas dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun depan.

Labuan Bajo adalah pelabuhan kecil yang dijadikan tempat masuk jika kamu berkunjung ke Pulau Komodo. Letaknya di ujung barat Flores, wilayah Nusa Tenggara Timur. Tentunya pemandangannya nggak kalah indah dengan Pulau Komodo.

Karena, ketika sunset, warna langit berubah menjadi jingga. Matahari yang mulai tenggelam akan menciptakan siluet pulau-pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan.

Tentu aja, kamu nggak boleh melewatkan scuba diving dan snorkeling jika sudah menginjakan kaki di Labuan Bajo. Soalnya, di sana banyak biota laut alami yang sayang untuk dilewatkan, seperti aneka terumbu karang, hiu, tuna, ikan pari manta, napoleon wrasse, belut, ikan pari tutul biru, gurita, ular laut, nudibranch, kepiting orangutan, dan lain-lain.

Tanpa menyelam aja, pemandangan bawah laut sudah mudah dilihat soalnya airnya masih sangat jernih. Ketika menyelam, kamu bakal dapatkan pesona biota alam bawah laut yang mengagumkan.

Snorkeling juga bisa kamu lakukan di Pulau Kanawa yang masih dalam kawasan Labuan Bajo. Karena, Pulau Kanawa merupakan habitat untuk terumbu karang beragam warna dan ikan-ikan kecil. Selain itu, Pulau Kanawa juga memiliki pasir putih cantik dan air laut jernih bergradasi biru, juga hijau toska.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan Komodo dan melihat mereka lebih dekat, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Laboan Bajo, Flores. Taman Nasional Loh Liang menyuguhkan pemandangan savana yang sangat indah.

Ketika sampai di sana, kamu akan dipandu oleh ranger untuk menyusuri savana yang disinggahi komodo. Kamu bakal mudah melihat komodo dengan jarak cukup dekat, yaitu 2 – 3 meter.

Jika sudah puas, kamu bisa main ke Goa Rangko. Berada di Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Goa Rangko cukup beken di kalangan turis. Sejak mencuat di Instagram, banyak turis, baik lokal maupun mancanegara berbondong-bodong main ke Goa Rangko demi menikmati keindahannya.

Goa Rangko menawarkan pesona goa laut dengan mata air yang sangat jernih. Saking bersihnya, air di dalam Goa Rangko berwarna biru terang, memudahkan kita untuk memandang dari jauh kehidupan bawah air tanpa harus berendam!

Nah, kamu bisa akhiri petualangan wisata alam kamu di Labuan Bajo dengan main ke Pulau Padar. Dengan berlayar selama 2-3 jam dari Labuan Bajo, kamu bisa menikmati keindahan alam dari puncak Pulau Padar yang dikenal akan teluk kembarnya.

KEUNIKAN DESA TODO

Nah, nggak cuma wisata alam, Labuan Bajo juga siap memanjakan kamu dengan beragam wisata adat dan kebudayaan yang sarat sejarah. Salah satunya adalah Desa Todo yang berada di Manggarai Barat.

Berada di kaki Gunung Anak Ranaka, Desa Todo adalah pusat Pemerintahan Kerajaan Manggarai. Manggarai sendiri merupakan kerajaan terbesar yang menguasai Pulau Flores sebelum akhirnya harus pindah ke kota Ruteng karena invasi Belanda.

Di sana, kamu bisa melihat keunikan dari Rumah Niang atau Mbaru Niang. Memiliki bentuk kerucut pada bagian atap, rumah adat khas Todo ini cukup mencuri perhatian dunia, saat dinobatkan sebagai salah satu kandidat peraih Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur tahun 2013 dari UNESCO.

Dengan lima tingkat yang ditompa kayu worok dan bambu, Rumah Niang menyimpan sebuah gendang kulit manusia yang cukup sakral di dalamnya. Gendang inilah yang mampu menceritakan asal usul Kerajaan Manggarai di Desa Todo.

Untuk mempromosikan Labuan Bajo lebih jauh lagi, Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah membangun banyak sekali infrastruktur pendukung yang bakal bikin wisatawan makin nyaman. Mulai dari pembangunan jalan raya, hotel-hotel hingga spot hangout buat bersantai para wisatawan.

sumber : https://www.pegipegi.com/travel/berkelana-ke-labuan-bajo-destinasi-wisata-super-prioritas-indonesia/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini