Goa Batu Cermin, Goa Purba Dari Dasar Laut

0
110

Alam Indonesia tak pernah berhenti menghadirkan decak kagum, begitu mempesona dan sangat menawan. Hampir di setiap daerah memiliki keindahan alam tersendiri, yang mungkin tidak akan dimiliki oleh daerah lainnya. Salah satu daerah yang dianugrahi dengan keindahan alam yang menawan adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Nusa Tenggara Timur memiliki deretan pantai eksotis yang banyak tercecer di hampir setiap penjuru, ada pula air terjun yang memberikan suasana damai, pegunungan yang cantik pun ada di sana. Selain itu, provinsi yang beribu kota di Kupang itu juga memiliki goa purba yang menyimpan sejuta keindahan dan keunikan, namanya adalah Goa Batu Cermin.

Goa Purba dari Dasar Laut

Sumber: wisatahouse.com

Goa Batu Cermin pertama kali ditemukan pada 1951 oleh seorang arkeolog Belanda bernama Theodore Verhoven. Menurut penelitiannya, Goa Batu Cermin pada mulanya adalah sebuah terowongan di dasar laut yang kemudian terangkat ke daratan setelah melalui proses selama berjuta-juta tahun. Bukan hanya omong kosong, hal itu juga dibuktikan dengan fakta tingginya kandungan garam yang terdapat di dinding-dinding goa, sehingga bisa memantulkan cahaya matahari. Oleh sebab itu, goa cantik yang satu ini dinamakan dengan Goa Batu Cermin.

Lokasi Goa Batu Cermin

Sumber: Instagram @juventiatjoa

Goa Batu Cermin terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, hanya sekitar 4 km dari pusat Kota Labuan Bajo. Para pengunjung memiliki dua pilihan untuk mampir di Goa Batu Cermin, pertama adalah berjalan kaki dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam, atau bisa juga menggunakan ojek yang telah disediakan para penduduk lokal dengan waktu tempuh kira-kira 15 menit.

Rutenya adalah ketika sampai di lampu merah Wae Matta, wisatawan belok kiri dan lanjutkan perjalanan hingga menemukan kantor polisi dan bupati. Tidak jauh dari sana kamu akan menemukan papan petunjuk dengan tulisan ‘Jalan Batu Cermin’, nah dari situ tinggal mengikuti petunjuk untuk bisa sampai di lokasi wisata Goa Batu Cermin. Meskipun memiliki keindahan yang menawan, namun lokasi wisata Goa Batu Cermin belum terdaftar di Google Maps. Oleh sebab itu, para wisatawan harus mengandalkan kemampuan bersosialisasi untuk menanyakan lokasi goa kepada para penduduk sekitar.

Pesona Goa Batu Cermin

Sumber: Instagram @achmadsholeh

Goa Batu Cermin memiliki luas total sekitar 19 hektar dengan ketinggian 75 m. Di dalam goa banyak terdapat stalagtit dan stalagmit, sehingga wisatawan harus bergantian untuk bisa memasuki goa tersebut, yang mana dalam setiap perjalanan menyusuri goa mereka hanya akan diberikan waktu selama 30 menit dengan maksimal 10 orang dalam satu rombongan. Walau pun sempit, namun Goa Batu Cermin memiliki daya tarik tersendiri, terutama karena statusnya sebagai goa purba dan dindingnya yang bisa memantulkan cahaya.

Di sekeliling goa, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang masih alami dengan udara sejuk. Ada juga hutan tropis yang masih terjaga kelestariannya, para pengunjung pun bisa menjelajah goa tersebut untuk bertemu dengan binatang liar seperti monyet ekor panjang.

Fosil Binatang Purba

Sumber: Luh De Suriyani/Mongabay Indonesia

Statusnya sebagai goa purba, membuat Goa Batu Cermin memiliki banyak fosil binatang laut, seperti kura-kura, penyu, dan berbagai jenis hewan laut lainnya. Para pengunjung pun bisa melihat dengan dekat bagaimana struktur hewan laut purba, yang tidak akan ditemui di goa-goa lainnya. Fosil hewan-hewan laut tersebut juga mengandung banyak garam, sehingga akan memantulkan cahaya apabila terkena sinar matahari atau pun sorot lampu.

Fasilitas Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin memiliki fasilitas yang komplit, seperti toilet, rest area, hingga gardu pandang. Tentu saja berbagai fasilitas tersebut bisa memanjakan para pengunjung, dan membuat mereka betah berlama-lama di sana.

Harga Tiket Masuk

Sumber: Instagram @kusumawatineni

Goa Batu Cermin buka mulai pukul 09:00 waktu setempat. Untuk harga tiket sangat ramah di kantong, dengan pemandangan langka yang disuguhkan para pengunjung hanya akan ditarik biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang dan 20 ribu rupiah untuk biaya tour guide.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berlibur di Goa Batu Cermin? Dengan keunikan dan sejarahnya di masa lalu, Goa Batu Cermin sangat layak untuk dimasukkan ke dalam daftar destinasimu di Labuan Bajo.

Selamat berlibur!

sumber : https://wisato.id/wisata-alam/goa-batu-cermin-goa-purba-dari-dasar-laut/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini