10 OBYEK WISATA DI LABUAN BAJO TAK HANYA INDAH TAPI JUGA MENENANGKAN JIWA

0
78

Obyek wisata Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi terkenal yang ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Obyek wisata yang berada di ibukota Manggarai Barat, NTT ini juga memiliki ragam destinasi wisata lain yang menarik untuk disinggahi. Pemandangan yang masih asri dan alami memberikan sensasi tersendiri bagi para pelancong.


Mayoritas penduduk Labuan Bajo menggantungkan hidupnya pada hasil laut. Tak heran jika pemandangan kapal layar dan berbagai jenis perahu nelayan menghiasi teluk di pesisir pantai. Daerah ini juga kerap dijadikan titik kumpul bagi wisatawan yang hendak berlibur ke Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca yang memang jaraknya berdekatan.


Obyek Wisata Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi karena Keindahannya
Berlibur ke Labuan Bajo sepertinya kurang lengkap jika tak singgah ke beberapa titik wisata yang memikat di sekitarnya. Tak hanya menawarkan keindahan semata, obyek wisata yang masih alami ini juga dijamin akan membantu Anda menenangkan diri dari penatnya rutinitas harian. Nah, mana saja obyek wisata Labuan Bajo yang wajib dikunjungi saat berlibur? Berikut daftarnya.

1. Pulau Komodo, bukti kehidupan purba yang masih tersisa

Destinasi paling terkenal untuk Anda yang memiliki mental besar adalah Pulau Komodo. Pulau ini merupakan habitat asli komodo, atau seringkali disebut dengan nama biawak. Binatang ini dinobatkan sebagai jenis kadal terbesar di seluruh dunia dengan berat mencapai 100 kg. Binatang ini disinyalir merupakan simbol adanya binatang purbakala yang masih bertahan hingga saat ini.
Namun sayangnya, pembangunan dan berbagai aktivitas manusia lainnya mengancam keberadaan Komodo ini. Karena itulah, pemerintah menetapkan area ini sebagai Taman Nasional Komodo untuk melindungi habitatnya sejak 1980 silam. Situs ini telah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai situs warisan dunia yang masuk dalam kategori satu dari tujuh keajaiban dunia.

2. Gili Laba, si kecil yang mempesona

Jika sudah sampai di Taman Nasional Komodo sayang rasanya jika Anda tak menyempatkan diri untuk singgah ke Gili Laba. Pulau kecil di gugusan Taman Nasional ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Anda dapat melihat hamparan laut dari atas bukit yang terlihat sangat cantik dengan kontras warna biru air laut dan pasir putih yang membentang di sepanjang pesisir.
Untuk naik ke puncak Gili Laba memang mebutuhkan tenaga ekstra. Anda bisa mendaki dari titik manapun sesuka Anda. Namun, ketika sampai di puncak, lelah itu akan terbayar lunas. Anda bisa melihat keseluruhan pemandangan Pulau Komodo yang mempesona. Jika tak ingin menguras energi dengan mendaki, Anda bisa berjemur atau bersnorkeling di pantai saja.

3. Air terjun Cunca Wulang yang mirip Grand Canyon

Bosan dengan pantai yang panas dan terik, Anda bisa sejenak menenangkan pikiran dengan datang ke wisata air terjun Cunca Wulang. Air terjun yang terletak di Kawasan hutan Mbeling ini menawarkan ketenangan yang tak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Dengan tinggi mencapai 2.000 mdpl, air terjun ini sering dijuluki Grand Canyon versi Indonesia.
Untuk melepaskan penat dan stress yang menumpuk, Anda bisa mencoba mengambil langkah ekstrim yang anti mainstream. Cobalah untuk memanjat batu yang ada di Cunca Wulang, lalu lompat dari ketinggian air terjun tersebut. Namun, aksi nekat melepas penat ini hanya bisa dilakukan di musim penghujan saat debit air tinggi. Anda pun harus berkonsultasi dulu ke pemandu untuk memastikan keamanan.

4. Pulau Kanawa, laut indah sebening akuarium

Gugusan pulau lain yang harus Anda kunjungi adalah Pulau Kanawa. Pulau ini memiliki air yang sangat jernih bagai akuarium yang luas. Dengan wilayah mencapai 35 hektar, Anda bisa berkeliling menikmati keindahan yang ada. Untuk menikmati keindahan bawah laut, Anda tak perlu susah-susah menyelam. Saking beningnya, terumbu karang dan kehidupan dalam laut bisa tetap terlihat dengan mata telanjang.

5. Gua Rangko, gua eksotis nan indah

Tak melulu pantai dan perbukitan, Anda bisa pula menikmati destinasi berbeda dengan mendatangi Gua Rangko. Seperti halnya gua yang lain, Gua Rangko juga memiliki hiasan stalaktit dan stalakmit yang menarik. Bedanya, di dalam gua terdapat air laut berwarna biru jernih yang menjadikannya makin nampak eksotis. Sayangnya, medan ke area ini cukup sulit sehingga Anda perlu menyewa jasa tour guide setempat.

6. Manta Point, untuk Anda pecinta diving dan snorkeling

Bosan dengan aktivitas jalan-jalan yang itu-itu saja? Bagi Anda yang menyukai aktivitas diving dan snorkeling, Manta Point merupakan surga yang tak boleh dilewatkan. Lokasi ini juga cukup terkenal sehingga banyak menjadi incaran wisatawan yang datang. Anda bisa berenang dan bertemu langsung dengan ikan pari manta dengan mudah di sini.

7. Pink Beach, pantai ciamik yang instagramable

Seperti nama yang disandangnya, Pink Beach memang memiliki hamparan pasir berwarna merah muda di sepanjang pesisirnya. Unik sekali bukan? Pantai ini telah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 pantai yang memiliki pasir merah muda di dunia. Warna pink ini sebenarnya berasal dari pecahan kerrang dan berbagai biota laut yang ada di sana.
Selain berjalan di pesisir pantai, Anda juga bisa mencoba aktivitas diving dan snorkeling di sini. Pink Beach ini juga bagus untuk Anda jadikan spot mengambil berbagai foto yang ciamik dan instagramable, sekalian menambah stok foto Anda.

8. Gua Batu Cermin, bukti laut yang membatu

Tak banyak yang tahu jika ada destinasi unik bernama Gua Batu Cermin di Kawasan Labuan Bajo. Jalan untuk masuk ke destinasi ini cukup sempit dengan gerombolan bambu berduri. Namun, semua keindahan akan Anda nikmati ketika sampai di area ini. Gua Batu Cermin merupakan gugusan kapur yang menjulang setinggi 75 meter.
Untuk memudahkan perjalanan, pemerintah telah membangun tangga semen di bagian depan. Gua ini disinyalir merupakan bukti bahwa dulunya area tersebut merupakan bagian dari laut. Terdapat beberapa bentukan batu yang disinyalir merupakan fosil penyu, sisa-sisa hewan laut, serta terumbu karang di dalamnya.

9. Bukit Cinta, untuk Anda yang tengah memadu kasih

Jika di Semeru terkenal dengan Tanjakan Cinta, maka Labuan Bajo memiliki Bukit Cinta untuk Anda yang sedang memadu kasih. Bukit ini menawarkan panorama indah dengan pemandangan eksotis Pantai Pede, Pulau Seraya, Pantai Wae Cicu, hingga Pelabuhan Bajo. Biasanya tempat ini dimanfaatkan muda-mudi yang tengah kasmaran untuk menikmati pemandangan.

10. Wae Rebo, negeri di atas awan

Anda bisa benar-benar merasakan sensasi negeri di atas awan dengan mengunjungi Wae Rebo. Tempat wisata ini terletak di tengah pegunungan dengan rumah adat dan masyarakat yang masih sangat tradisional. Anda bisa berwisata sekaligus mempelajari kehidupan dan adat istiadat masyarakat suku Manggarai yang tinggal di sana.
Selain berbagai spot di atas, sebenarnya masih banyak obyek wisata Labuan Bajo yang bisa Anda kunjungi. Yang penting, jangan lupa untuk tetap menjaga tata krama dan tak membuang sampah sembarangan ya. Selamat berlibur.

sumber : https://www.gotravelly.com/blog/obyek-wisata-di-labuan-bajo/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini